Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Data-Link Layer


DATA LINK LAYER

Lapisan data-link (data link layer) adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik. Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan didalam sebuah wide area network (WAN) , atau antara node di dalam sebuah segmen local area nwtwork (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggung jawab dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggung jawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentrasmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal. MAC address juga diimplementasikan di dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti network interface card (NIC), switch layer 2 serta bridge jaringan juga beroperasi disini.
Lapisan data-link menawarkan layanan pentransferan data melalui saluran fisik. Pentransferan data tersebut mungkin dapat diandalkan atau tidak. Beberapa protocol lapisan data-link tidak mengimplementasikan fungsi acknowledgment untuk sebuah frame yang sukses diterima, dana beberapa protocol bahkan tidak memiliki fitur penegcekan kesalahan transmisi (dengan menggunakan checksumming). Pda kasus-kasus tersebut, fitur acknowledgement dan pendeteksian kesalahan. Harus diimplementasikan pada lapisan yang lebih tinggi, seperti halnya protocol transmission control protocol (TCP) (lapisan transport).
Data link layer menyediakan sarana untuk bertukar data melalui sebuah media local. Data link layer melakukan dua layanan dasar :
·   Memmungkinkan lapisan atas untuk mengakses media dengan menggunakan teknik seperti framing
·  Mengendalikan bagaimana data ditempatkan pada media dan diterima dari meida menggunakan teknik seperti media access control dan error detection.
           
Ada istilah khusus untuk layer ini, seperti :
·   Frame – data link layer PDU (protocol data unit = output dari protocol yang berbeda disetiap layer)
·    Node – layer 2 notasi untuk perangkat jaringan yang terhubung ke media umum
·    Media / medium (physical) *- Physical berarti untuk transfer informasi antara dua node
·    Jaringan (physical)**- dua atau lebih node yang terhubung kemedia umum
Data link layer bertanggung jawab untuk pertukaran frame antara node atas media jaringan fisik

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_taut_data
http://dina-mif.blogspot.com/2012/09/definisi-data-link-layer.html


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar